Laman

Rabu, 15 Februari 2012

Cara menciptakan foto lebih kreatif

Jutaan foto diambil dalam seharinya, tetapi semuanya hampir terasa sama. komposisi fotografi Kreatif dibuat ketika fotografer mengambil beberapa langkah tambahan dalam pembuatan gambar mereka. Jika Anda jika anda terbiasa melakukan pemotretan dengan posisi tegak lurus dan tidak puas dengan hasilnya, saatnya untuk mulai bereksperimen dengan setting yang berbeda dan membuat gambar Anda menonjol.
Coba ikuti aturan berikut !
1
Buatlah siluet dengan menempatkan subjek gelap di depan sebuah latar belakang terang. subyek harus memiliki bahasa tubuh yang kuat seperti melompat, mengangkat kedua lengan atau berjalan karena penonton hanya akan dapat melihat bentuknya saja. Silhouette dapat dilakukan dengan baik selama matahari terbit atau terbenam, ketika langit dan awan terlihat sangat menarik. Sedikit underexpose dengan exposure satu atau dua stop, biar bacground berwarna pekat. Cara yang paling bagus adalah menempatkan subjek Anda di bawah bayangan benda besar seperti bangunan saat matahari terbit. Atau mendekatkan subjek dengan langit atau Cityscape yang menarik dan dramatis. Arahkan model untuk mencoba pose yang berbeda.
2.
Buatlah foto dengan memperhatikan dimensi keruangan, dengan cara menjadikan 3 elemen objek sebagai foreground, midground dan background. Misalnya, jika Anda membidik di pantai, elemen foregroundnya adalah pantai, midground adalah model dan background pemandangan pantai. Pastikan bahwa semua elemen dari jenis foto relevan dengan jenis cerita yang ingin Anda untuk diceritakan. Jangan hanya mengisi tiga bagian gambar dengan objek acak dan mengganggu.
3.
Bergerak dekati subject ( model ) untuk menciptakan extrem close up dan angle yang tidak lazim, akan dapat merekam ekspresi unik si subject dengan baik. Ciptakan komunikasi yang hangat, agar subject ( model ) tidak canggung waktu di potret.
4.
Perhatikan dengan seksama rincian gambar Anda, karena satu detail kecil dapat membuat gambar menonjol dan terlihat menarik. Luangkan waktu untuk benar-benar memeriksa gambar Anda dan berpikir tentang cara-cara mereka bisa lebih baik. Mempersenjatai diri dengan mata yang kritis dan peka akan membantu Anda untuk menciptakan gambar (foto) yang lebih menarik dan berbeda kedepannya.
5.
Bermain dengan cincin fokus kamera Anda dan mencoba melanggar beberapa aturan. Cobalah buat semuanya unfocus. Setel aperture ke setting terlebar sehingga apapun yang tidak fokus akan menjadi sangat kabur. tinggalkan mode fokus otomatis dan mencoba aturan yang berbeda.

1 komentar:

  1. keren bg,,dulu siska juga tertarik di dunia fotographer loh bg,,tpi karena ssuatu dan lain hal jadi tertunda
    :)

    tetap eksis ya bg
    cayoo

    BalasHapus